Indonesia Kirim Bantuan dan 66 Personil ke Nepal

0
84

JAKARTA – Sore hari ini, Rabu (29/04/2015), Indonesia mengirimkan 66 orang yang tergabung dalam Tim SAR dan Medis ke Nepal. Bersama mereka juga disertakan bantuan untuk korban gempa Nepal.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia  memberangkatkan satu pesawat TNI B737-400 milik TNI AU untuk membawa bantuan tersebut menuju Kathmandu.

Pesawat ini akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Kathmandu, Nepal.

“Untuk tenaga medis terdiri dari tim BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan juga dari Polri. Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, termasuk kami juga membawa dokter-dokter ahli bedah tulang,” ujar Retno.

Indonesia juga mengirimkan sejumlah kantong bantuan yang disesuaikan dengan apa yang diperlukan saat ini. Kantong-kantong bantuan tersebut di antaranya berisikan tenda untuk rumah sakit, tenda untuk pengungsi, alat-alat kesehatan dan obat-obatan, serta keperluan makananan siap saji.

Ditambahkan Retno, pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan di Nepal, termasuk aktivitas bandara di sana. “Sejak pagi tadi kami terus memantau proses clearance untuk pesawat dan duta besar Indonesia juga akan masuk ke Kathmandu dalam waktu yang singkat,” ujar Retno.

Jika sudah mendarat, kata Retno, langkah pertama yang akan diambil tim Indonesia nanti adalah langsung membuat safe house.

“Safe house ini untuk membantu pengungsi lainnya dan juga membantu wakil negara kita, serta mengintensifkan upaya pencarian WNI yang hingga sekarang belum dapat kami kontak,” ujar Retno.

Berdasarkan data dari Kemlu, jumlah WNI yang tinggal di Nepal ada sebanyak 19 orang, di mana 13 di antaranya telah berhasil dihubungi dan dinyatakan selamat. Sementara untuk enam orang lainnya masih belum diketahui keberadaannya. – CNN/MEP

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here