spot_img

Israel Blokir Separuh Pengiriman Bantuan ke Gaza Utara sejak Awal 2024

ISTANBUL – Israel melarang lebih dari separuh misi yang direncanakan oleh Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan mitra kemanusiaannya mengirimkan bantuan di Jalur Gaza utara sejak awal tahun ini.

Sebanyak 51 persen misi yang direncanakan untuk memberikan bantuan dan melakukan penilaian di daerah-daerah Gaza utara tidak mendapat akses dari otoritas Israel.

“Kerawanan pangan di utara Wadi Gaza telah mencapai batas yang sangat ekstrim,” kata UNRWA, dilansir dari Anadolu.

Pada 17 November tahun lalu, UNRWA menyatakan bahwa warga Gaza utara berada di ambang kelaparan.

Jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza telah mencapai 29.195 orang, dan 69.170 orang lainnya terluka, menurut Kementerian Kesehatan Palestina pada Selasa.

Sekitar 85 persen penduduk Gaza mengungsi akibat serangan Israel, dengan semua menghadapi risiko kekurangan pangan, menurut PBB.

Ratusan ribu orang tinggal tanpa tempat berlindung, dan kurang dari setengah truk bantuan yang dapat memasuki wilayah tersebut dibandingkan sebelum konflik dimulai.

Pada Januari, Mahkamah Internasional mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Israel untuk menghentikan tindakan genosida dan menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles