Jenderal Manus Serahkan Diri

0
127

BANGKOK—Letnan Jenderal Manus Kongpan, seorang perwira militer Thailand yang diduga terlibat dalam praktik perdagangan manusia, akhirnya menyerahkan diri ke markas kepolisian di Bangkok.

Jenderal berusia 58 tahun sebelumnya bersembunyi di sebuah kamp militer di Nakhon Si Thammarat, setelah Pengadilan Songkhla mengeluarkan surat perintah penangkapan dirinya pada Senin (1/6/2015) lalu.

Letjend Manus diduga menjadi beking di balik praktik perdagangan manusia usai terungkapnya kamp penampungan orang-orang Rohingya maupun Bangladesh di perbatasan Malaysia-Thailand Selatan. Sebelumnya, militer Thailand telah lama membantah keterlibatan oknumnya dalam praktik perdagangan manusia.

Letjen Manus adalah komandan Resimen Infanteri 25 di Provinsi Surat Thani pada 2005-2006 sebelum pindah ke Thailand Selatan di tahun berikutnya. Pada 2008-2009 ia menjadi komandan ke-42 Military Circle di Provinsi Songkhla dan kemudian dipromosikan menjadi Kepala Angkatan Darat yang bertanggung jawab untuk Provinsi Chumphon dan terakhir menjadi penasihat Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada bulan April tahun ini.

Menurut sumber kepolisian di Thailand Selatan, Letnan Jenderal Manus merupakan tokoh penting dalam lingkaran perdagangan manusia di Thailand. Namanya muncul dalam buku-buku akuntansi yang disita oleh polisi dari tersangka penyelundup lain.

Kepala Angkatan Darat Thailand Jenderal Udomdej Sitabutr Senin membebas-tugaskan Letjen Manus dari kesatuannya, dan bersumpah untuk tidak mengganggu proses peradilan. Channel News Asia

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here