spot_img

KolaborAksi Jaga Rinjani Bebas Sampah

LOMBOK – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyambangi Kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (1/2/2024).

Pada lawatan selama empat hari, Kamis (1/2) sampai Minggu (4/2), Tim DMC Dompet Dhuafa melakukan asesmen untuk Program Integrated Sustainable Waste Management atau pengelolaan sampah yang terintegrasi dan berkelanjutan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Kegiatan ini disambut baik oleh pihak Balai TNGR. Pasalnya, program pengelolaan sampah yang akan DMC Dompet Dhuafa galakkan selaras dengan apa yang telah menjadi perhatian Balai TNGR selama ini.

“Pihak Balai (TNGR) baru saja menyusun rencana strategis pengelolaan sampah hingga 2031 mendatang dan menyambut baik rencana kolaborasi DMC Dompet Dhuafa dan Sebumi,” kata Budi, perwakilan Balai TNGR, ketika berkoordinasi dengan Tim DMC Dompet Dhuafa terkait pengelolaan sampah dan komitmen menangani masalah sampah di Rinjani.

Minggu (4/2/2024), Tim DMC Dompet Dhuafa melakukan asesmen ke perwakilan Kelompok Pengelolaan Sampah Rinjani dan staf Balai TNGR Torean menyangkut program di jalur Torean.

Jalur Torean merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Rinjani yang berada di Kabupaten Lombok Utara, NTB. Pesona keindahan alamnya membuat jalur ini menjadi pilihan yang diminati para pendaki.

Kerap kali pendaki menyisakan sampah yang tak terangkut di sepanjang jalur ini. Atas dasar itu, Kelompok Pengelolaan Sampah Rinjani dan Balai TNGR Torean menggagas kegiatan mengelola sampah di sekitar Torean.

Kelompok yang terdiri dari 15 anggota ini terbentuk pada November 2023 lalu. Oleh karena itu, kegiatan pengelolaan sampah menjadi hal baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

“Rencananya, mereka akan mulai melakukan kegiatan pengelolaan sampah sebulan sebelum pendakian yakni di awal Maret dengan membuat shelter, mencacah sampah botol, dan membuat ecobrick. Adapun peralatan yang dipunya oleh kelompok besutan TNGR ini baru mesin pencacah sampah,” ujar Ika Saragih, salah satu perwakilan dari DMC Dompet Dhuafa. (DMC DD/MAA)

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles