Menyingkap Rahasia Sehat Mbah Harun, Jamaah Haji Tertua Berusia 119 Tahun

0
93
Mbah Harun, saat bergabung di Asrama Haji embarkasi Surabaya/ foto: detik.com

SURABAYA – Calon jamaah haji Harun bin Senar asal Pamekasan, Madura menjadi anggota jamaah haji tertua di Indonesia dengan umur 119 tahun yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2023.

Mbah Harun sendiri mendaftar haji pada tahun 2017. Ia mendaftar haji bermodalkan hasil menjual tanah di dekat tempat tinggalnya. Mbah Harun seharusnya baru dapat berangkat pada tahun 2046. Namun, ia mendapatkan kuota prioritas lansia sehingga bisa menunaikan haji di tahun 2023 ini.

Dilansir laman resmi Nu online, Mbah Harun mengaku senang dapat berangkat haji tahun 2023 ini. Ketika ditanya soal keberaniannya berangkat sendiri tanpa pendamping, dia juga mengaku berani.

Sehari-hari, Mbah Harun beraktivitas mengaji dan shalat. Dulu, ia bekerja sebagai petani. Ditanya soal rahasia sehatnya, Mbah Harun menjawab rutin minum air hangat dan mengonsumsi beras dari hasil pertaniannya sendiri.

Terkadang, ia makan nasi jagung dan konsumsi daging ikan-ikanan.  Mbah Harun juga berkeliling setiap pagi dari rumah ke pelatarannya, yang disebut sebagai latihan fisik sehari-hari dalam menghadapi ibadah haji. Sebab, ia mengaku khawatir tidak kuat. Ia juga sudah mendapatkan vaksin, memperoleh paspor dan mendaftar visa termasuk biaya pelunasan haji juga sudah ditunaikannya.

 

Advertisement div class="td-visible-desktop">