spot_img

Muslim Wajib Tahu 8 Fakta Menarik Masjid Nabawi Ini, Salah Satunya Wakaf Pertama Rasulullah

JAKARTA – Masjid Nabawi selalu ramai dikunjungi oleh jemaah, baik pada musim umrah maupun haji. Masjid yang telrletak di Kota Madinah ini termasuk salah satu masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Makkah.

Banyak hal menarik dari Masjid Nabawi yang jarang diungkap. Berikut 8 fakta menarik tentang Masjid Nabawi:

1. Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga terbesar di dunia dan menduduki peringkat kedua setelah Masjidil Haram di Makkah. Luasnya mencapai 400.000 meter persegi.

Terbukti dari fakta bahwa kini area masjid secara langsung berbatasan dengan makam Baqi, yang dahulu berada di luar kota Madinah. Masjid ini mampu menampung hingga satu juta jemaah.

2. Payung Raksasa

Di area pelataran Masjid Nabawi terdapat puluhan payung besar yang secara otomatis dapat terbuka menjelang azan Subuh dan tertutup kembali saat Magrib.

3. Pita Penurun Suhu

Di bawah struktur payung besar di Masjid Nabawi terdapat pita biru yang terbuat dari bahan khusus. Pita ini mampu menurunkan suhu area di bawahnya secara otomatis hingga 8 derajat Celsius.

Mengingat suhu yang tinggi di Arab Saudi, mencapai 45 derajat Celsius, tidak mengherankan banyak jemaah yang mencari perlindungan di bawah payung raksasa ini.

4. Tempat Pertama di Jazirah Arab yang Menikmati Listrik

Pada masa Kekaisaran Ottoman, Dinasti Utsmani mengenalkan listrik di Jazirah Arab. Tempat pertama yang diberi prioritas untuk mendapatkan aliran listrik adalah Masjid Nabawi.

Padahal, waktu itu Istana Sultan Ottoman di Istanbul belum memiliki penerangan listrik. Masjid ini mulai dialiri listrik sekitar 1909.

5. Terdapat Kuburan Kosong

Ada satu lahan makam yang belum terisi. Lokasinya persis di sebelah Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab dimakamkan. Untuk apa? Wallahu’alam.

6. Tempat Mustajab Berdoa

Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudhah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah.

7. Wakaf Pertama Rasulullah

Rasulullah memutuskan untuk membeli tanah untuk penjemuran kurma yang dimiliki oleh dua anak yatim, Suhail dan Sahl, yang merupakan anak-anak dari Bani Najjar yang diasuh oleh As’ad bin Zurarah.

Awalnya, kedua anak ini, yang diwakili oleh As’ad bin Zurarah, enggan menjual tanah tersebut dan lebih suka memberikannya secara ikhlas untuk kepentingan Allah.

Meskipun demikian, Rasulullah merasa tidak enak menerima pemberian dari dua anak yatim tersebut dan tetap ingin membeli tanah tersebut.

Setelah berdiskusi cukup lama, Rasulullah akhirnya menilai nilai tanah di sekitarnya untuk memperkirakan harganya. Setelah menemukan harga yang sesuai, beliau kemudian menebusnya.

8. Memaknai Wakaf Rasulullah

Wakaf untuk masjid yang ditunaikan oleh Rasulullah sekaligus menjadi hikmah bagi kita untuk menunaikan wakaf, terlebih wakaf memiliki manfaat untuk kemaslahatan umat dan pahalanya bersifat abadi.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles