spot_img

Peringati Hari Bumi 2024, Mahasiswa PPG Universitas Muhammadiyah Jakarta dan DMC Dompet Dhuafa Gelar Sekolah Kader Lingkungan

Bogor, Jawa Barat—Merayakan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2024, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Jakarta menyelenggarakan Sekolah Kader Lingkungan yang berlangsung di Taman Nuansa Belajar, Kampung Sanapati, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (21/4/2024).

Kegiatan yang mengusung tema From Trash to Treasure ini diikuti oleh 20 peserta, yang seluruhnya merupakan anak-anak usia 7-12 tahun.

Dan melalui tema tersebut, Sekolah Kader Lingkungan berfokus pada edukasi dan aksi nyata untuk meningkatkan kesadaran lingkungan kepada generasi penerus bangsa.

Selain itu, dari tema besar tersebut pula diharapkan anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut memiliki kepedulian perihal permasalahan sampah, terutama sampah plastik. Serta mampu memacu daya kreatif mereka untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berguna.

Dalam kegiatan Sekolah Kader Lingkungan, anak-anak diberikan materi tentang masalah lingkungan yang ada, alasan mengapa penting untuk mendaur ulang sampah plastik, dan cara melakukannya.

Melalui diskusi dan pembelajaran langsung, anak-anak diajak untuk memahami pentingnya praktik daur ulang dalam menjaga lingkungan.

Selanjutnya, peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok untuk melakukan pengecatan galon bekas. Setiap kelompok didampingi oleh seorang mentor yang membimbing mereka dalam proses tersebut.

Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman langsung kepada anak-anak, tetapi juga memberdayakan mereka untuk berkontribusi secara aktif dalam pelestarian lingkungan.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan penanaman bibit tumbuhan. Anak-anak diajarkan cara menanam bibit dengan benar dan diberikan pengetahuan tentang cara merawatnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat memahami betapa pentingnya menjaga alam dan merawat tumbuhan sebagai bagian dari ekosistem yang seimbang.

“Alhamdulillah, kegiatan Sekolah Kader Lingkungan yang diadakan mahasiswa PPG UMJ di Rumpin telah berjalan dengan baik. Hal ini bisa terjadi tidak terlepas dari pihak-pihak yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini, khususnya DMC Dompet Dhuafa,” ucap Muhammad Nur Rizal, selaku Ketua Tim PPG UMJ.

“Tindak lanjut dari kegiatan ini nantinya kami akan memamerkan hasil karya anak pada kegiatan gelar karya yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta,” pungkas Rizal.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperingati Hari Bumi dengan memberikan wawasan dan pengalaman baru kepada anak-anak tentang pentingnya daur ulang barang bekas serta memberdayakan pemuda dan pemudi di Kecamatan Rumpin untuk menjadi kader lingkungan yang peduli dan bertanggung jawab.

Dengan demikian, Sekolah Kader Lingkungan menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi yang peduli terhadap lingkungan.

Kawan Baik, semoga dengan terselenggaranya kegiatan Sekolah Kader Lingkungan mampu memupuk sikap peduli terhadap bumi kita kepada generasi penerus. Sehingga di masa yang akan datang bumi kita tetap lestari karena berada di tangan insan-insan yang tepat. Selamat Hari Bumi untuk semua. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang.

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles