spot_img

Prihatin terhadap Keselamatan Keluarga Palestina, PBB Ingin Perang Dihentikan

LONDON – Kepala bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Martin Griffiths, mengekspresikan keprihatinannya terhadap kelanjutan konflik di Kota Rafah, yang terletak di selatan Jalur Gaza.

Griffiths menyatakan bahwa perang di Kota Rafah dapat mengakibatkan peningkatan korban jiwa dan memperburuk kondisi kemanusiaan di sana.

“Saat peperangan di Gaza memasuki bulan kelimanya, harapan semakin surut untuk jutaan orang yang terdampak serta personel kemanusiaan yang berjuang membantu mereka,” kata Griffiths.

Griffiths mengekspresikan keprihatinannya terhadap keselamatan keluarga Palestina yang terus mengalami tantangan besar dalam mencari tempat aman.

Lebih dari setengah dari 2 juta penduduk Gaza saat ini mengungsi di Kota Rafah, dengan kondisi hidup yang sangat sulit dan kekurangan kebutuhan dasar, seperti makanan, air bersih, dan obat-obatan.

“Keadaan hidup mereka sangat buruk; mereka kekurangan kebutuhan dasar untuk hidup dan dibayangi kelaparan, penyakit, dan kematian,” ucapnya.

Pentingnya mengakhiri pertempuran di Rafah juga ditekankan oleh Griffiths, yang menyatakan bahwa perang tersebut semakin menghambat operasi kemanusiaan.

Ia menyoroti masalah seperti kurangnya jaminan keamanan, kerusakan infrastruktur, dan pembatasan akses yang sudah membuat bantuan sulit dijalankan.

Griffiths dengan tegas menyatakan, “Sederhananya, perang ini mesti dihentikan.”

Dalam konteks ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya menyatakan niatnya untuk melanjutkan serangan hingga ke Kota Rafah, dengan tujuan memastikan kemenangan Israel atas Hamas.

Pada Rabu malam, dilaporkan bahwa serangan pesawat tempur Israel menyebabkan kematian sedikitnya 14 warga Palestina di Kota Rafah dan Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah.

Konflik ini, yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023, telah menelan korban besar di kedua belah pihak, dengan PBB mencatat dampak serbuan Israel terhadap populasi Gaza, infrastruktur, dan kelangkaan sumber daya vital.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles