Ratusan Ton Konvoi Bantuan Untuk Palestina Lewat Jalur Laut

0
177
Tugboat Membawa kapal bantuan makanan dari Siprus Menuju Palestina. REUTERS/Yiannis Kourtoglou

Yerusalem-Bantuan pangan untuk rakyat Palestina mulai bergerak dari Siprus menuju ke Gaza, Palestina. Ratusan ton bantuan tersebut diangkut menggunakan kapal tagboat dan berkonvoi mengarungi tenangnya arus laut. Mereka terdiri dari tiga kapal yang bawa muatan lebih dari 300 ton bantuan makanan dan bahan-bahan lainnya untuk Gaza.

Badan amal asal Spanyol, World Central Kitchen mengatakan kapal-kapal dan sebuah tongkang membawa muatan yang cukup untuk menyiapkan lebih dari 1 juta makanan dari bahan-bahan seperti nasi, pasta, tepung, kacang-kacangan, sayuran kaleng, dan protein. Di dalam kapal juga terdapat kurma, yang menjadi sajian untuk berbuka puasa setiap hari selama bulan suci Ramadan.

Kapal Open Arms, berangkat dari pelabuhan Lanarca, Siprus menuju Gaza, Palestina. REUTERS/Yiannis Kourtoglou

Tidak jelas kapan kapal-kapal tersebut akan tiba di Gaza. Kapal pertama awal bulan ini mengirimkan 200 ton makanan, air dan bantuan lainnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan para mitranya telah memperingatkan bahwa kelaparan dapat terjadi di wilayah Gaza utara yang hancur dan sebagian besar terisolasi pada awal bulan ini.

Para pejabat kemanusiaan mengatakan pengiriman melalui laut dan udara tidak cukup dan Israel harus mengizinkan lebih banyak bantuan melalui jalan darat.

Pengadilan tinggi PBB telah memerintahkan Israel untuk membuka lebih banyak jalur penyeberangan darat dan mengambil langkah-langkah lain untuk mengatasi krisis ini. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 32.705 warga Palestina telah terbunuh, dengan 82 jenazah dibawa ke rumah sakit dalam 24 jam terakhir.

Kementerian Kesehatan tidak membedakan jumlah korban jiwa antara warga sipil dan kombatan, tetapi mengatakan sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Israel mengatakan lebih dari sepertiga korban tewas adalah militan, meskipun mereka belum memberikan bukti yang mendukung hal tersebut, dan menyalahkan Hamas atas korban sipil karena kelompok tersebut beroperasi di daerah pemukiman.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here