spot_img

RZ Bantu Manusia Perahu

ACEH – Relawan Rumah Zakat (RZ) Medan dan Aceh mendistribusikan bantuan logistik kepada 658 pengungsi Muslim Rohingya yang baru saja dipindahkan ke Desa Kwala Cangkui, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara.

Para pengungsi ini berasal dari beberapa negara diantaranya Bangladesh, Myanmar dan Vietnam. Mereka diselamatkan oleh nelayan pada hari Minggu (10/05/2015) ketika terdampar di Lhokseumawe selepas berlayar dari Thailand.

“Kebanyakan dari pengungsi ini tidak bisa berbahasa Inggris, Arab ataupun Indonesia. Sehingga, kami sedikit kesulitan untuk berkomunikasi dengan mereka,” ujar Budi Syahputra, Branch Manager RZ Medan.

Relawan RZ membawa bantuan logistik berupa Susu UHT, air mineral, gula, biskuit, coklat, minyak goreng, dan mie instan. Selain itu, relawan RZ juga membawa 5 karung pakaian layak pakai untuk para pengungsi.

“Kondisi pengungsi sangat memprihatinkan. Selama di kapal mereka kelaparan dan kelelahan. Di pengungsian ini, hanya sedikit pengungsi yang mencoba bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Sebagian dari mereka hanya duduk-duduk di tepian pantai dengan kelompok mereka, dan saling bercerita. Kami juga menemui beberapa anak, mereka menangis saat menceritakan orang tuanya yang dibunuh,” jelas Budi. –RumahZakat.org

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles