Tinggal di Daerah Terisolir, Warga Desa di Grobogan Bahagia Bisa Rasakan Daging Kurban

0
118

GROBOGAN – Warga Desa Padas, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah berbahagia saat menerima daging kurban yang disembelih tim THK Dompet Dhuafa.

“Akhirnya bisa masak sop daging dan rendang hari ini. Matur suwun nggih (terima kasih ya) Dompet Dhuafa, sudah repot-repot ke desa kami,” ungkap Mbah Satiyem (60), Senin (17/06/2024).

Dompet Dhuafa menyalurkan daging kurban hingga Dukuh Kedung Udal yang dihuni sekitar 90 KK di Desa Padas, yang terletak di ujung paling timur Kecamatan Kedungjati, berbatasan dengan Kabupaten Boyolali.

Belum ada jembatan penyeberangan, mengharuskan tim Dompet Dhuafa melalui akses sulit saat melakukan penyaluran menggunakan sepeda motor roda dua, melintasi dua jalur sungai kering bebatuan dan naik-turun bukit terjal.

“Seperti inilah keadaannya, dukuh ini bisa dibilang letaknya terisolir. Akses yang mudah lewat jalur Juwangi, tapi berputarnya jauh masuk dari Boyolali. Yang paling mudah tadi ini, naik-turun seberangi dua jalur sungai kering karena belum ada jembatan. Kalau hujan ikut enggak bisa pulang kita,” jelas Ustaz Nur Cholis, salah satu garda terdepan layanan dakwah Cordofa (Corps Dai Dompet Dhuafa) di pedalaman hutan jati tersebut.

Selain tim THK, sahabat DDV (Dompet Dhuafa Volunteer) juga ikut mengerahkan tenaganya membantu para ibu memasak hingga mengemas daging kurban.

Selain sebagai kearifan lokal, inisiasi ‘Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik’ DDV turut digerakkan dalam mengemas daging kurban menggunakan besek rotan dan daun jati sebagai upaya pengurangan sampah plastik dalam aktivitas penyaluran daging kurbannya.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here