13 Sedekah Terbaik bagi Kaum Hawa

0
99
Ilustrasi. (Foto: unsplash.com)

JAKARTA – Kebanyakan perempuan yang berstatus sebagai ibu rumah tangga seringkali tidak memiliki penghasilan sendiri. Lalu, bagaimana mereka bisa bersedekah? Ternyata, mereka diperbolehkan bersedekaeh dengan sesuatu yang ada di rumah suami.

Aisyah radhiyallahu anha berkata bwèweahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila seorang wanita menginfakkan makanan yang ada di rumahnya tanpa merusak, ia akan beroleh pahala infaknya. Demikian pula suaminya mendapatkan pahala dengan apa yang ia usahakan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Abu Hurairah radhiyallahu anhu menyampaikan dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam:

“Apabila seorang wanita berinfak dari penghasilan suaminya tanpa diperintahkan oleh suaminya, ia beroleh setengah pahalanya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadis di atas, dipahami bahwa seorang istri boleh menginfakkan harta suaminya walaupun tanpa seizin suaminya.

Namun, sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam, “Apabila seorang istri berinfak dari penghasilan suaminya tanpa diperintahkan oleh suaminya, setengah pahalanya untuk si suami.”

Artinya, tanpa perintah yang jelas (sharih) dari suami mengenai jumlah harta yang akan diinfakkan, istri harus terlebih dahulu mendapatkan izin yang bersifat umum, yang mencakup jumlah tersebut dan lainnya.

Jika istri atau perempuan tersebut tidak memiliki apa-apa lagi untuk disedekahkan, jangan khawatir, karena karunia dan kemurahan Allah Ta’ala sangat luas dan tiada henti.

Allah menjadikan sedekah bukan hanya sebatas harta. Setiap pintu kebaikan adalah sedekah. Berikut ini adalah contoh berbagai bentuk sedekah bagi kaum hawa:

  1. Setiap tasbih dan tahmid adalah sedekah.
  2. Setiap takbir dan tahlil adalah sedekah.
  3. Amar ma’ruf nahi munkar yang dilakukan kaum perempuan (menganjurkan yang baik dan Mencegah yang buruk) adalah sedekah.
  4. Senyum kepada suami, dan anak-anak serta kepada sesama kaum muslimat adalah sedekah.
  5. Dua rakaat dhuha menyamai 360 sedekah.
  6. Tahanlah diri dari keinginan untuk berbuat buruk, itu pun sedekah.
  7. Singkirkanlah setiap bentuk gangguan yang dapat mencelakakan orang di jalan, itu pun sedekah.
  8. Ucapkanlah salam kepada siapa saja yang kita temui, itu pun sedekah.
  9. Berilah makan burung atau binatang lainnya atau manusia, itupun sedekah.
  10. Muliakanlah tamu di rumah yang melebihi 3 hari, itu pun sedekah.
  11. Berusahalah menolong dan membantu orang lain, itu pun sedekah.
  12. Tuntutlah ilmu, ajarkan dan sebarkan, baik dengan cara mendengar, membaca, atau menulis sesuai kemampuan, itu pun sedekah.
  13. Seteguk air yang Anda berikan untuk orang yang haus adalah sedekah. Intinya, lakukanlah secara ikhlas semata-mata karena Allah Ta’ala dan tanpa mengharapkan balasan dari siapapun.
Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here