spot_img

40 Persen Warga Jerman Ingin Palestina Merdeka

BERLIN – Hasil survei terbaru YouGov menunjukkan bahwa sekitar 40 persen dari 2.295 responden di Jerman mendukung pengakuan Palestina sebagai negara merdeka karena banyaknya korban sipil akibat serangan militer Israel di Jalur Gaza.

Sekitar 40 persen responden menyatakan bahwa Jerman harus mengakui Palestina sebagai negara merdeka, sementara 27 persen menentang, dan sekitar 33 persen lainnya belum yakin.

Sebanyak 51 persen warga Jerman mendukung sanksi ekonomi Uni Eropa terhadap Israel akibat serangan militernya di Rafah, kota dengan populasi 1,4 juta jiwa di selatan Gaza. Hanya 26 persen responden yang menentang langkah melawan Pemerintah Israel tersebut.

Jajak pendapat ini dilakukan oleh YouGov pada 31 Mei – 5 Juni 2024 dengan sampel nasional sebanyak 2.295 orang.

Pemerintahan koalisi liberal kiri tengah yang dipimpin oleh Kanselir Olaf Scholz berulang kali menolak seruan untuk mengakui negara Palestina, dengan alasan kondisi saat ini tidak sesuai untuk langkah tersebut.

Bulan lalu, Spanyol, Norwegia, dan Irlandia mengakui negara Palestina dan mendorong negara-negara Eropa lainnya untuk mengikuti jejak mereka. Baru-baru ini, Slovenia juga mengakui negara Palestina.

Lebih dari 36.700 warga Palestina telah tewas akibat serangan Israel di Gaza, dengan mayoritas korban adalah wanita dan anak-anak. Lebih dari 83.500 warga lainnya terluka.

Selama delapan bulan perang, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat serangan militer dan blokade Israel atas pasokan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasi militernya di Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan sebelum kota itu diserang pada 6 Mei.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles