spot_img

Aksi Nyata Mahasiswa dan Dompet Dhuafa Hadapi Krisis Iklim

TANGERANG SELATAN – Kelompok Mahasiswa Pencinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Batuttah (KMPLHK RANITA) bekerja sama dengan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) mengadakan aksi nyata dalam menghadapi krisis iklim untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup pada Jumat (7/6/2024).

DMC, DDV, dan KMPLHK RANITA menggelar Workshop Eco Enzyme bersama puluhan peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Kantor DMC Dompet Dhuafa, Tangerang Selatan.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan edukasi akan pentingnya pelestarian lingkungan. Melalui partisipasi dalam kegiatan ini, peserta dapat belajar tentang peran penting pohon dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan pentingnya upaya konservasi” ujar Nida Luthfyana Firdaus, Ketua Pelaksana Acara yang juga mantan Ketua Umum KMPLHK RANITA.

Setelah workshop, para peserta melakukan aksi bersih-bersih sampah di Situ Bungur, Tangerang Selatan, dan berhasil mengumpulkan 15 karung sampah dengan berbagai berat.

Kegiatan ini juga menjadi tanda peluncuran fitur Zero Waste Office di Kantor DMC Dompet Dhuafa, di mana mereka akan memilah sampah menjadi organik dan nonorganik untuk diproses sesuai jenisnya.

Tim juga menanam belasan pohon produktif seperti mangga dan ketapang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Jumat ini ada tiga kegiatan utama, pertama pelatihan membuat eco enzym, penanaman pohon produktif, aksi clean up,” ujar Ahmad Baikhaki, Manager Kesiapsiagaan dan Mitigasi Adaptasi Perubahan Iklim DMC Dompet Dhuafa.

Acara ini berlangsung selama dua hari, Jumat, 7 Juni dan Senin, 10 Juni. Pada 10 Juni, kegiatan berlangsung di lapangan parkir Aula SC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan dengan kegiatan meliputi orasi lingkungan, musikalisasi puisi, dan pameran foto lingkungan.

“Jadi, teman-teman, membuang sampah itu tidak hanya di Hari Lingkungan Hidup saja, tetapi setiap hari kita harus bisa membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah sembarang tempat,” pungkas Azizah, Wakil Ketua Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles