spot_img

Dari Beternak, Ibu Yuyum Bisa Sekolahkan Anak hingga Perguruan Tinggi

SUKABUMI – Yuyum Susilawati, seorang srikandi tangguh asal Sukabumi menjadi tulang punggung keluarga dan berhasil menyekolahkan anak lewat beternak domba.

Yuyum sering kali kesulitan memenuhi kebutuhan keluarganya, namun keteguhan hati dan pengorbanan Yuyum membawanya kepada hasil yang tak pernah ia sangka-sangka.

Yuyum merupakan salah seorang mitra peternak dan pengurus aktif di Koperasi Peternak Serba Usaha (KPSU) Riung Mukti, Sukabumi, yang merupakan mitra pemberdayaan ternak binaan Dompet Dhuafa sejak tahun 2009.

Kehidupan Yuyum mulai mendapat titik terang saat berkesempatan bergabung jadi salah satu salah satu penerima manfaat, sebagai peternak Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa. Pada tahun 2012, ia menjadi peternak perempuan satu-satunya yang tergabung di KPSU Riung Mukti, Sukabumi.

Sebagai sosok pekerja keras, Yuyum terbiasa mengarit sendiri untuk pakan ternaknya, mengelola langsung ternak-ternaknya, serta mampu mendidik dan mengelola keluarganya dengan baik. Salah satu hal yang paling ia syukuri adalah berkat adanya Program THK, Yuyum dapat menyekolahkan kedua putrinya hingga perguruan tinggi.

Berkat usahanya, kini sang anak dapat menjadi guru di tingkat SMP. Sebelumnya ia mengambil jurusan D3 Pendidikan, sementara anaknya yang lain mengambil jurusan Perbankan. “Jadi sampai sekarang, alhamdulillah dia ngajar, bermanfaat di SMP,” tambahnya.

Kerja kerasnya menjadi peternak dan petani ladang bisa mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya, bahkan Yuyum dapat membeli dua buah sepeda motor yang ia gunakan untuk meringankan pekerjaannya mengarit rumput pakan domba miliknya, serta menunjang aktivitas sehari-hari.

Berkat kegigihan dan dedikasinya dalam dunia peternakan, Yuyum diberi amanah sebagai ketua dan sudah menjabat selama dua tahun di Kelompok Peternak Panggugah Lumaku, yang memiliki arti “untuk kita bersatu”.

Kini jumlah ternak yang dimiliki dan dirawat oleh Yuyum sudah ada 15 ekor. Yuyum sangat bersyukur bisa menjadi bagian Kelompok Peternak Panggugah Lumaku. Ia bermimpi untuk terus menjadi peternak perempuan yang tangguh dan berdaya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles