spot_img

Gempa Tuban Rusak Sejumlah Rumah dan Fasilitas, 2 Warga Terluka

SURABAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) melakukan pendataan terhadap kerusakan bangunan yang terjadi akibat gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 6.0 dan gempa susulan dengan magnitudo 6.5 di wilayah Tuban, sekitar 132 kilometer di sebelah timur laut.

Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Gatot Soebroto, menyatakan bahwa akibat gempa di Tuban, sejumlah infrastruktur bangunan mengalami kerusakan.

“Untuk sementara ini data yang masuk selain bangunan, juga dilaporkan adanya korban luka akibat peristiwa itu,” katanya.

Gatot menjelaskan bahwa hingga pukul 17.00 WIB, tercatat telah terjadi 32 kali gempa susulan di wilayah tersebut.

“Dua orang sementara dilaporkan mengalami luka-luka, yang pertama, Hasiah, warga Desa Tambak, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, yang mengalami sobek di bagian kepala tertimpa genting roboh. Kemudian, Mohayaroh, warga Tanah Merah, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, yang mengalami luka di bagian kaki tertimpa material,” ujarnya.

Saat ini, pendataan masih terus dilakukan, terutama karena gempa dirasakan di beberapa kabupaten dan kota, seperti Pulau Bawean, Gresik (III-IV MMI), Surabaya, Tuban, dan Gresik (II-III MMI), serta Sidoarjo, Blitar, Madiun, Bojonegoro, Malang, Tulungagung, dan Lamongan (II MMI), serta Kediri (I MMI).

BPBD Jatim mencatat bahwa dampak gempa antara lain tujuh rumah mengalami kerusakan ringan, satu rumah mengalami kerusakan sedang, satu rumah mengalami kerusakan berat, dua sekolah terdampak, dua rumah sakit terdampak, satu pondok pesantren terdampak, dan satu kantor kepala desa juga terdampak oleh gempa tersebut.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles