Meletus, Gunung Dukono Smeburkan Abu Setinggi 1,2 Kilometer

0
92
Tangkapan layar kamera CCTV yang memperlihatkan kolom abu vulkanik membumbung ke langit keluar dari kawah Gunung Dukono di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (3/1/2024). (Foto: PVMBG)

MALUKU UTARA – Badan Geologi mencatat Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus pada Selasa (9/7) sore dan menghembuskan abu lebih kurang setinggi 1,2 kilometer.

Kepala Badan Geologi M Wafid dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan erupsi ini terekam pada seismogram dengan amplitudo 11 mm hingga menimbulkan lama getaran gempa 119,92 detik.

Fenomena letusan terjadi pada pukul 17.56 WIT. Merujuk catatan Badan Geologi letusan tersebut adalah yang pertama sejak bulan Mei 2024 lalu.

Petugas dari pos pengamatan Gunung Dukono mengamati tinggi kolom abu berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya.

Atas letusan tersebut Badan Geologi menetapkan status Gunung Dukono pada Level II atau Waspada.

Badan Geologi mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Dukono maupun wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 3 kilometer dari Kawah Malupang Wariran.

Begitupun jika terdampak hujan abu, masyarakat diharapkan selalu memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya gangguan sistem pernafasan.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here