PBB Kirim 6 Pesawat Bantuan ke Yaman

0
207

YAMAN – Sekitar 150 ton bahan bantuan dan tenda darurat dikirim Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) diterbangkan ke Yaman untuk mengisi waktu gencatan senjata yang sudah diumumkan Koalisi Arab Saudi untuk lima hari, 12 s.d 17 Mei 2015.

Bantuan tersebut dikirim dengan enam pesawat di hari pertama dan disusul 6 pesawat di hari kedua, Jumat (15/5/2015). Bantuan yang dikirim berupa selimut, peralatan dapur dan tikar tidur. Bantuan dikirim dari Dubai menuju Sanaa, Yaman.

“Empat penerbangan lain akan menyusul dalam dua hari mendatang, saat keamanan memungkinkan. Keenam penerbangan itu membawa 150 metrik ton perbekalan bantuan ke Sanaa. Melalui laut dikirim bantuan lebih besar saat ini sudah menuju Djibouti. Bantuan ini untuk 250.000 orang,” kata petugas UNHCR.

Iran menyatakan bekerja sama dengan PBB untuk mengirim bantuan ke Yaman. Sebelumnya Kapal Iran yang akan membantu masyarakat  Yaman, dilarang masuk oleh pasukan koalisi dan diminta untuk mengalihkan bantuan ke PBB.

Pengiriman kapal Iran tersebut sudah memantik perang kata dengan Washington dan pemerintah Yaman di pengasingan, yang mengatakan akan mengambil tindakan jika kapal tersebut memasuki perairan Yaman.

Pentagon mendesak kapal itu mengubah haluan dan membawa bantuan ke Jibuti, untuk mengusir kekhawatiran bahwa barang tersebut bukan peralatan ketentaraan.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian seperti dikutip kantor berita IRNA menyatakan Teheran mengambil semua langkah seperlunya bagi kapal itu untuk menuju Yaman.

“Koordinasi sudah dilakukan dengan pejabat terkait di Perserikatan Bangsa-Bangsa agar kapal Iran dapatberlabuh dalam membawa bantuan kemanusiaan untuk Yaman,” katanya.

Pejabat Iran menyatakan kapal pembawa 2.500 ton bantuan kemanusiaan itu diarahkan ke pelabuhan Hodeida, yang dikuasai pemberontak, di pantai Laut Merah, Yaman.

Kapal itu meninggalkan kota pelabuhan Iran di selatan, Bandar Abbas, pada Senin malam.

“Pengiriman melalui udara untuk bantuan pangan dan kesehatan dari Palang Merah Iran lewat Oman dan Djibouti juga dilakukan,” kata Amir-Abdollahian.

Badan kemanusiaan mengirimkan bantuan bagi warga di Yaman selama gencatan senjata lima hari, setelah hampir tujuh pekan serangan udara sekutu pimpinan Saudi terhadap pemberontak Huthi. – Antara

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here