spot_img

Punya Manfaat Luar Biasa! Yuk, Minum Air Kelapa

JAKARTA – Air kelapa tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan dahaga saat cuaca panas, tetapi juga memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan tubuh. Air kelapa mengandung antioksidan dan elektrolit yang dapat membantu mengatasi dehidrasi ringan serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Melansir laman Glamour UK, Samantha Dieras, DCN, RN, seorang ahli diet, menjelaskan bahwa, semua manfaat penting air kelapa bagi kesehatan.

1. Mengandung Nutrisi dan Antioksidan

Menurut Departemen Pertanian AS, air kelapa merupakan sumber nutrisi penting dan antioksidan untuk membantu Anda menjaga pola makan sehat secara keseluruhan.

Dieras mencantumkan asam amino, peptida antimikroba, karbohidrat, enzim, elektrolit, vitamin C, dan antioksidan sebagai beberapa yang dapat Anda temukan dalam secangkir air kelapa.

2. Memberikan Hidrasi

Air kelapa terbuat dari 95% air, menjadikannya sumber hidrasi terbaik saat Anda haus atau kekurangan energi.

Dieras mengatakan bahwa ketika Anda kehilangan cairan karena aktivitas sehari-hari atau karena penyakit seperti muntah atau diare, air kelapa dapat membantu mencegah Anda dehidrasi.

3. Alternatif Minuman Sehat

Elizabeth Sharp , MD, IFMCP, dokter pengobatan besertifikat dan pendiri Health Meets Wellness , mengatakan bahwa air kelapa rendah kalori dan mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan jus dan smoothie buah manis lainnya, sehingga menjadikannya alternatif yang lebih sehat jika Anda sedang makan.

Air kelapa dapat mengurangi rasa lapar yang tidak perlu dan asupan energi berlebih. Studi juga menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan metabolisme.

4. Cegah Batu Ginjal

Sharp menjelaskan bahwa melalui tambahan hidrasi dan pertukaran elektrolit, minum air kelapa bisa sangat membantu mencegah batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium dan senyawa lain membentuk kristal dalam urin Anda.

5. Mengisi Elektrolit Setelah Latihan

Dieras mengatakan bahwa air kelapa sering digunakan sebagai minuman pascalatihan untuk menggantikan elektrolit (mineral yang dibutuhkan untuk fungsi seluler dalam tubuh kita) yang hilang setelah kita berolahraga.

Sharp menjelaskan bahwa ketika kita berkeringat berlebihan dan mengerahkan tenaga pada otot kita, tubuh kita akan meningkatkan kebutuhannya akan elektrolit.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles