spot_img

Salim Said Meninggal Dunia, Insan Pers Dan Perfilman Berduka

Jakarta – Prof. Salim Said atau biasa disapa Prof Salim, meninggal dunia pada Sabtu (18/05/2024) di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Kabar meninggalnya Salim Said dikonfirmasi oleh istri mendiang almarhum Prof Salim, Herawaty, melalui pesan singkat kepada sejumlah wartawan di Jakarta.

Mengutip halaman antaranews.com Prof. Salim sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Namun akhirnya tokoh pers nasional itu tutup usia di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada pukul 19.33 WIB.

“Innalilahi wa innailaihi rajiun, telah meninggal orang tua kami, paman kami, Prof. Dr. H. Salim Said, malam ini jam 19.33 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” demikian pesan duka yang diterima oleh sejumlah wartawan tadi malam.

Pesan tersebut juga menyebutkan bahwa jenazah Prof Salim Said disemayamkan di rumah duka, Jalan Redaksi Nomor 149, Kompleks Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cipinang, Jakarta Timur.

Rencananya Almarhum akan di shalatkan di Masjid Al-Akbar dekat dengan rumah duka, dan kemudian dikebumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada hari ini (19/05/2024) selepas pukul 12.00 WIB.

Profil Prof Salim Said

Prof Salim Haji Said merupakan tokoh pers dan perfilman nasional, akademisi, cendekiawan, Pengamat Militer dan duta besar.

Salim Said lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada 10 November 1943. Dia pernah belajar di Akademi Teater Nasional Indonesia, turut serta mendirikan Teater Kecil, menulis esai serta kritik seputar teater dan film.

Meskipun begitu, Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) ini mengawali karier dengan menjadi seorang wartawan.

Dia pernah menjadi redaktur sekaligus salah satu pendiri majalah Tempo. Mengutip halaman Dinas Kebudayaan Jakarta, Salim Said merantau ke Solo, Jawa Tengah, pada usia 15 tahun, sebelum akhirnya menetap dan memulai karier di Jakarta.

Pada 1960-an, tulisannya mulai menghiasi lembaran kebudayaan berbagai majalah, seperti Mimbar Indonesia, Horison, dan Budaja Djaya.

Sembari bekerja sebagai wartawan majalah Tempo, Salim Said melanjutkan pendidikan tinggi dengan berkuliah di Jurusan Sosiologi Universitas Indonesia (UI) hingga 1979.

Dia kemudian melanjutkan studi program doktor di Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat, di bidang ilmu politik. Disertasinya yang cukup dikenal menyoroti peran politik Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada masa revolusi 1945-1949. Tulisan ilmiah untuk meraih gelar doktor pada 1985 itulah yang mengantarnya sebagai sosok pengamat politik militer Indonesia.

Sepak terjang Salim Said di dunia perfilman Sekembalinya dari Amerika, Salim Said kembali giat di bidang kesenian, khususnya film. Dia terpilih sebagai Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) pada 1989.

Tidak hanya itu, Salim Said juga didapuk sebagai anggota organisasi perfilman Indonesia, Dewan Film Nasional (DFN). Salim Said juga sempat menduduki kursi Ketua Hubungan Luar Negeri pada Panitia Tetap (Pantap) Festival Film Indonesia (FFI).

Prof Salim berkali-kali menjadi anggota juri FFI, serta menulis untuk media massa dalam dan luar negeri, seperti Suara Pembaruan (Indonesia), Cinemaya (India), atau East West (Honolulu, Amerika Serikat). Salim Said juga aktif dalam serangkaian kegiatan luar negeri untuk meninjau berbagai festival film internasional.

Salim Said juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tepatnya pada 2006-2010.

Guru Besar Ilmu Politik ini pun merupakan seorang penulis yang aktif menerbitkan buku bertema politik, militer, dan perfilman.

Beberapa di antaranya, Militer Indonesia dalam Politik (2001), Tumbuh dan Tumbangnya Dwifungsi: Perkembangan Pemikiran Politik Militer Indonesia, 1958-2000 (2002), dan Pantulan Layar Putih: Film Indonesia dalam Kritik dan Komentar (1991).

Pada usianya yang ke-75 tahun, Salim Said meraih penghargaan Achmad Bakrie (PAB) di bidang pemikiran sosial.

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles