Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel yang Anda Sewa

Televisi CCTV Cina memperagakan cara menemukan kamera tersembunyi di kamar hotel yang disewa. Foto; Ist

JAKARTA – Dalam beberapa kasus terkadang orang memasang alat pengintai di ruang publik dan di ruang privat seperti hotel, misalnya.

Baru-baru ini ditemukan kamera tersembunyi di Airbnb dan kamar hotel di China, hal ini membuat banyak orang menjadi semakin cemas karena mereka merasa diawasi secara diam-diam di kamar sewaan mereka.

Untuk mengatasi masalah ini, penyiar CCTV di negara bagian Cina telah merilis sebuah topik acara yang fokus pada dua cara untuk membantu Anda menemukan kamera tersembunyi yang mungkin ditanam di dalam kamar yang Anda sewa. Berikut tipsnya seperti dilansir laman Shanghaiist:

# 1 Gunakan senter untuk melihat semua tempat dengan celah dan lubang di kamar Anda, termasuk ventilasi udara, radiator, stop kontak dinding, dan bahkan botol sampo. Karena ada lapisan khusus pada lensa kamera, biasanya memantulkan cahaya hijau atau biru ketika ada cahaya.

# 2 Cara lain adalah dengan menggunakan kamera ponsel Anda untuk memindai titik cahaya setelah mematikan lampu dan menutup semua tirai di kamar Anda. Jika titik cahaya muncul di layar Anda, berarti ada kamera inframerah yang juga berfungsi dalam kegelapan yang dipasang.