spot_img

Waspada Modus Penipuan Surat PHK lewat File APK

JAKARTA – Penipuan semakin marak dengan modus operandi mengirimkan file berformat apk, seperti undangan pernikahan, surat tilang, bahkan surat Pengakhiran Hubungan Kerja (PHK).

Seorang pengguna media sosial “X” membagikan pengalamannya yang dihubungi oleh nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai Direktur Kp.

Tanpa diduga, nomor tersebut mengirimkan file yang berjudul surat PHK dari kantor pusat. Postingan tersebut telah dilihat oleh 2,5 juta orang dan disukai oleh 48 ribu pengguna.

Format file apk sendiri digunakan untuk mengemas berbagai elemen yang diperlukan untuk menginstal aplikasi pada perangkat Android.

Namun, aplikasi ini termasuk dalam kategori berbahaya karena dapat meminta akses untuk melakukan aktivitas seperti membaca dan menerima SMS, yang memungkinkan penipu mengakses kode PIN, meminta SMS token secara ilegal, bahkan melakukan transfer uang dari rekening korban.

Pakar keamanan siber, Bruce Hanadi, menyatakan bahwa tingkat keamanan digital masyarakat Indonesia masih rentan karena kebiasaan kurang mengubah kata sandi secara teratur.

“Banyak dari kita yang malas mengganti kata sandi apapun. Bahkan ada yang seumur hidup tidak diganti,” kata Bruce, dilansir dari Antara.

Selain malas mengganti kata sandi, masyarakat Indonesia juga menggunakan satu kata sandi untuk semua perangkat.

Chief Information Security Officer snc.id itu juga mengungkap banyaknya masyarakat yang membuat kata sandi dengan kombinasi kata atau nomor yang mudah ditebak.

“Begitu ketahuan satu, ketahuan semua, peretas menebak aja satu-satu itu dan kata sandinya itu. Menggunakan kata sandi yang mudah ditebak contohnya nama pasangan, nama anak, nomor mobil, itu yang harus dihindari,” tuturnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles